10 Tahun Bartim Membangun Gumi Jari Janang Kalalawah

baner bartim

Tidak terasa sudah Barito Timur menginjak usia ke 10 atau 1 Dekade dan menuju usia ke 11 di tahun 2013. Di usia yang ke 10 ini Barito timur sudah banyak mengalami beberapa kemajuan pembangunan di beberapa bidang, misalnya di bidang pemerintahan, pendidikan, SDM, pertanian,  transportasi, informasi,telekomunikasi dan lain-lain. Dari beberapa contoh pembangunan di atas, hampir semuanya dapat kita rasakan hasilnya selama 10 tahun kepemimpinan Bapak Drs. H. Zain alkim di Barito Timur.

Barito timur merupakan salah satu kabupaten di kalimantan tengah yang berdiri pada tahun 2002, yang di mana pada sebelumnya  Barito Timur masih bergabung dengan Kabupaten Barito Selatan. Namun setelah ditetapkannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2002 (tentang Pembentukan Kabupaten Katingan, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Barito Timur), maka pada saat itu Barito Timur resmi memisahkan dirinya dengan Kabupaten Barito Selatan, dan menjadi daerah otonom sejak tahun 2002, dan ibu kota kabupatennya adalah Tamiang Layang dengan semboyannya jari janang kalalawah ( jadi jaya selamanya).

Selama Bapak Drs. H. Zain alkim menjabat sebagai bupati Barito Timur, pembangunan di Barito Timur telah mengalami pergerakan secara dinamis, yang dimana beberapa sektor pembangunan yang menjadi prioritas utama pemerintah Bartim berjalan hampir secara bersamaan. Pergerakan pembangunan seperti inilah yang di harapkan oleh seluruh warga Barito Timur, karena melalui pergerakan tersebut pembangunan di Barito Timur dapat berjalan secara merata. Selain itu, kita patut bangga akan keberhasilan pembangunan yang ada di Barito Timur selama 10 tahun ini, karena Barito Timur merupakan salah satu kabupten baru pemekaran yang ada di Kalimantan Tengah yang mampu mengimbangi beberapa kabupaten maju yang ada di Kalimantan Tengah khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

Pembangunan di Bartim saat ini sudah banyak kita rasakan, di antarnya adalah di sektor pendidikan. Pada saat ini pendidikan merupakan menjadi prioritas utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, selain itu juga, pendidikan dapat melahirkan generasi penerus yang berguna bagi nusa dan bangsanya, terutama di daerah tempat tinggalnya. Oleh karena itu, Barito Timur setiap tahunnya meningkatkan pembangunan di sektor ini. Salah satu yang dapat kita lihat dan dapat kita rasakan  bukti pembangunan di sektor pendidikan ini adalah banyaknya bangunan sekolah yang rusak telah diperbaiki kembali, bahkan lebih diperluas lagi bangunan-bangunan sekolahnya agar dapat menampung lebih banyak peserta didiknya, ini semua atas kesadaran warga Bartim akan pentingnya pendidikan. Kemudian bukti peningkatan pembangunan di sektor pendidikan selanjutnya adalah peningkatan SDM di bidang tenaga pengajar. Bukan hanya peningkatan jumlah pengajar saja yang dilakukan oleh pemerintah Barito Timur, akan tetapi peningkatan kualitas tenaga pengajar tersebut juga di tingkatkan. Ini semua di lakukan pemerintah Bartim agar semua warga Bartim mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas, selain itu melalui pendidikan seperti ini, diharapkan nantinya Barito Timr dapat mencetak generasi-generasi muda yang berkualitas di bidang SDM.

Pembangunan berkutnya yang dilakukan oleh pemerintah Barito Timur adalah di bidang atu sektor pemerintahan. Dalam`meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ada di Bartim, pemerintah kabupaten Bartim berusaha meningkatkan kualitas aparatur pemerintah daerah, yakni melalui berbagai pelatihan dan diklat serta peningkatan disiplin.  Selain itu juga upaya yang dilakukan selanjutnya adalah memperbaiki serta membangun semua infrastruktur yang  berkaitan dengan pemerintahan baik itu di ibu kota kabupaten, kecamatan-kecamatan, desa, ataupun pelosok-pelosok desa. Hal ini dilakukan, karena pemerintah Barito Timur berupaya agar seluruh warga yang ada di Barito Timur ini bisa mendapatkan pelayanan yang baik dari pemerintah.

Selanjutnya di sektor SDA (Sumber Daya Alam). Barito Timur terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah, salah satu kekayaan alam yang berpengaruh di Bartim ini adalah batu bara dan sawit. pada saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan batu bara dan sawit yang mulai beroperasi dan sudah melakukan proses produksi. Pemerintah Kabupaten Barito Timur menekankan dan bahkan mewajibkan kepada seluruh perusahaan yang ada di Bartim ini agar menerapkan sistem pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan ramah lingkungan, semua hal itu dilakukan karena untuk menjaga flora dan fauna serta kelestarian alam yang ada di Bartim ini. Selain itu, di sektor ini juga sangat membantu sekali dalam peningkatan pendapatan daerah dan juga dapat memperluas lapangan pekerjaan yang ada di Barito Timur, serta dapat membantu kelancaran roda perekonomian yang ada di Barito Timur.

Kemudian pembangunan di bidang atau sektor pertanian dan perikanan. Hal ini di buktikan dengan adanya bendungan atau dam Karau, yang berada di kecamatan Dusun Tengah.Bendungan ini merupakan bendungan trebesar di Kalimantan Tengah, yang mencapai luas sekitar 3 hektar. Bendungan ini di bangun untuk membantu proses pengairan sawah-sawah warga, selain itu juga dapat membantu para peternak ikan yang ada di sekitar bendungan tersebut. Melalui pembangunan bendungan tersebut diharpakan pertanian yang ada di Barito Timur ini semakin meningkat.

Pembangunan selanjutnya adalah di bidang infrastruktur. Di bidang ini sangat nyata sekali kita rasakan. Kita ambil sebagai contoh adalah jalan raya, di wilayah Barito Timur hampir semua jalan telah mengalami perbaikan, hal ini di lakukan karena kegiatan transportasi warga yang cukup lumayan padat di Barito Timur ini, karena Barito Timur merupakan kota yang sering di lewati oleh orang-orang dari luar Bartim yang mau pergi keluar daerah.

Selain beberapa contoh pembangunan di atas, masih banyak lagi pembangunan-pembangunan yang ada di Barito Timur yang kita rasakan selama 10 tahun ini. Oleh karena itulah kita patut bangga akan keberhasilan-keberhasilan pembangunan yang telah di capai oleh kabupaten Barito Timur selama kepemimpinan Bapak Drs. H. Zain Alkim. Semoga di usia 1 dekade ini  Barito Timur kedepannya dapat menjadi lebih maju lagi, serta menuju gumi jari janang kalalawah. yuk kita sukseskan Bartim membangun. Jayalah Barito Timur………….. ! 😀

 

8 Komentar

  1. Full suport sobat,Sukses selalu ya bersama 10 Tahun Bartim Membangun
    http://auraseo.blogspot.com/2013/01/10-tahun-bartim-membangun.html

    • terimakasih ya sdh berkunjung di blogku, dan salam kenal juga… 😀

  2. Nice artikel, peserta lomba menulis untuk bartim memang bagus2 … jiwa jurnalis anak2 ampah mulai terlatih..hehe

    http://www.ha-za.info

    hasil karya tulis saya :

    https://sundavanjava.wordpress.com/2013/01/31/10-tahun-bartim-membangun/

    • iya, terimakasih atas saran dan kunjungannya…. 😀

      • sma2 gan

  3. sukses selalu bartim


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan komentar

  • facebook

  • Follow irwanmuhamad on WordPress.com
  • TRANSLATE

    English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
  • free counters