Buah Kepayang (Keluwek)

Buah kepayang atau yang lebih sering di kenal dengan nama keluwek adalah buah yang sering di gunakan sebagai warna dalam masakan, contohnya adalah rawon. Di kalimantan sendiri terutama di daerah Kaliman Tengah, keluwek atau kepayang tersebut bisa di jadikan sayur sebagai teman makan. Buah kepayang atau keluwek terebut di gunakan untuk pewarna masakan rawon, butuh proses untuk menjadikan keluwek tersebut menjadi hitam, karena dari isi keluwek yang hitam itulah di gunakan utuk pewarna alami masakan rawon. Saya di sini akan menjelaskan proses bagaimana cara mengolah kepayang atau keluwek tersebut dapat dimakan atau di jadikan sayur, karena kalau tidak bisa mengolah buah tersebut dengan baik dan benar maka akan bisa menyebabkan keracunan kalau dimakan. Buah kepayang atau keluwek tersebut yang bisa dimanfaatkan atau di pakai hanyalah bijinya, karena buah tersebut mempunyai biji yang banyak dan biji tersebut cukup lumayan besar, seperti seukuran dengan jengkol. Berikut adalah tahap pengolahan kepayang atau buah keluwek.

Ini adalah buah kepayang yang telah di kupas dan mau di busukkan

Ini adalah buah kepayang yang telah di busukkan, karena untuk mengambil bijinya harus di busukkan terlebih dahulu buah kepayang tersebut.

Ini adalah buah kepayang yang telah di bersihkan dari serabut buah yang menempel di biji kepayang.

Ini adalah biji kepayang yang telah di rebus dan di kupas dari kulitnya, dan di rendam di dalam air selama kurang lebih tiga hari, karena untuk menghilangkan getah, serta menetralisir racun yang ada di biji kepayang tersebut, air rendaman hendaknya di ganti kurang lebih setiap 6 jam sekali, agar rasa pahitnya hilang.

Sekilas buah kepayang ini mirip buah jengkol, tetapi dai segi rasa dan bau, kepayang tidak sama dengan buah jengkol, kepayang tidak memiliki bau atau aroma seperti jengkol.

Ini adalah buah kepayang yang telah di jadikan sayur sebagai teman makan.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

  • facebook

  • Follow irwanmuhamad on WordPress.com
  • TRANSLATE

    English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
  • free counters
  • %d blogger menyukai ini: